Jumat, 20 Juli 2012

MEREKA BIALANG TOLERANSI !



Ehem... toleransi memang harus di berlakukan jika ada perbedaan, apalagi ini masalah tuhan yah! Tentang agama.. aku hidup di lingkungan yang berbeda agama maaf aku tak sebutkan agama yang ku anut dan agama mereka . sekilas saja ini fakta ! aku bekerja di tengah tengah keluarga yang berbeda agama dengan ku, mereka taat pada agama mereka tak lupa aku pun sering di beri wejangan tentang hidup, bahkan agama.. mereka bilang tuhan kita baik tuhan kita pengasih yah di depan ku mereka selalu mengagung agungkan tuhan mereka, mereka berkata maaf.. aku bukan membeda bedakan tuhan mu dan tuhan ku namun lihat mereka bisa bertaubat sampai menangis merintih karena tuhan di surga yang telah memberi pencerahan sambil tangan nya menunjuk ke depan televisi yanng acaranya itu adalah bimbingan rohani, seperti nyanyian apa cara mereka memuja tuhan mereka dengan demikian.. yah inilah perbedaan. Hampir 7 bulan aku berada di lingkup keluarga berbeda keyakinan, susah yah ! cara berfikir agama kita berbeda, jika aku berpendapat begini.. mereka seakan tak pernah menyetujui.. toleransi dimana ? seperti tak di pakai mungkin fikir mereka yang berkuasa hanya kita yang memegang semua kendali materi, yah bos ! siapa yang berani melawan jika tak mau dapat teguran.. tapi terkadang aku ingin keluar dari pekerjaan kku lalu membuka usaha yang sekiranya memuaskan hati ku, namun ini tak semudah ocehan ku.. kenapa aku menulis posting demikian ? aku kesal aku marah. Besok hari pertama umat agama kku menunaikan ibadah puasa, perjanjian nya awal puasa toko kami libur, dan ternyata semua hanya omong kosong sajah. Dengan iming iming uang kami semua luluh walau hati kami mengrundel kesal ! alhasil kami mengiyakan rengekan bos kami yang mungkin keterlaluan mengejar harta !!!!
Itu hal pertama yang membuat hati saya malas dan kesal bekerja, seperti tak ada hari esok yah tuhan , kata nya mereka tak bernah memaksa mengejar duniawi nyatanya inilah hidup terkadang ucap manusia tak selamanya nyata. Jam sudah menunjukan pukul set 6 itu sudah lebih dari jam tutup toko sebenar nya saya sudah bisa menghirup udara sore yang semriwiiing di luaran sana namun tidak untuk hari ini, saya harus menunggu satu tamu yang janji nya akan membayar hutang sore ini, semua teman teman sepekerja ku menampakan wajah kusut dan asem tanpa senyum yah tanpa senyum !
Sudah sesabar apa kami berdiri melayani semua permintaan satu pembeli ini, seharus nya mereka mengerti ini hari pertama kita tarawih, semua orang senang menyambut nya namun kita tersudut kesal di sebuah toko denagn wajah lusuh.. kata orang menyambut bulan puasa itu harus dengan hati yang bersih, ikhlas, ridho, salinng memaafkan dan buang rasa dengki bagaimana kami harus demikian kalau yang kami hadapi orang yang tak mempunyai toleransi hemm bukan tidak mempunyai toleransi hanya saja tidak sadar akan toleransi !!! penguasa penguasa yah penguasa yang memegang materi tak selamanya sadar akan toleransi..!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar